Sedih Melihat Kaca. ; Progress #1

Halooooooooooooo,
Bagaimana puasanya, lancaaaarrr carrr carrr carrr???
THR sudah habis??????
Sama kalo begitu~


Jadi postingan kali ini gue mau bahas tentang perkembangan "perbaikan badan" yg beberapa waktu lalu pernah gue bahas. Kalo yg belum tahu, klik disini ya!
Di postingan itu gue bilang kan ya gue udah berusaha buat diet dengan macem2 metode, and none  works on me. Ya, menurut gue, guenya sih yg salah. Kurang konsisten kalo masalah diet begitu. Jadi yg bisa gue lakuin ya olahraga. Gue mencoba olahraga yg cukup nringan dan bisa dilakuin dirumah, plus cukup menghasilkan banyak keringat. Selama itu juga gue juga menjaga asupan makan, tapi gak langsung drastis berubah menjadi vegetarian juga. Gue cuman mengurangi yg menurut gue berlebihan. Dulu, gue gak pernah mikir tuh sehari makan berapa kali, toh gue dulu kurus jadi gue beranggapan bahwa gue gak bisa gemuk. Setelah kerja, gue menyadari bahwa gue termasuk yg rawan gemuk karena keluarga gue termasuk keluarga yg kebanyakan berbadan gemuk. Karena kerja aktivitas bergerak gue sangat amat sedikit, gak kaya waktu sekolah dulu , ditambah makan gue juga masih sama seperti dulu ya beginilah gue. Gemuk. Puassss?

Gue mengurangi asupan karbohidrat. Yes, karbohidrat. Dulu pas sekolah makan 3 kali sehari, dan setiap makan selalu ada nasi. Eh tipikal orang Indonesia bukannya gitu ya? Apa-apa di-nasi-in. Makan mie instant ditambah nasi, makan steak pake nasi, es campur pake nasi. Oke maap, yg terakhir menjijikan. Jadi balance gitu, aktivitas gue di sekolah yg mider kesana sini sama makan gue pake nasi 3 kali pun gak ngaruh, kan jadi tenaga. Bukan jadi lemak. Beda kalo gue yg sekarang, berangkat kerja naik motor, sampe kantor gue duduk depan komputer kurang lebih 8-9 jam. Setelah itu, pulang naik motor lagi, nyampe rumah ya gitu, nonton TV atau laptop sampe malem dan tidur. Gak pake acara jalan kaki, lari2, kejar-kejaran dibawah hujan,*lah emang film India?* Jadi kalo sehari gue makan 3 kali dalam porsi yg sama saat gue sekolah dulu ya begini, mbeleber~~

Gue mengurangi makanan instant. Ingat, mengurangi bukan berhenti *ntap ya gue, berasa iklan layanan masyarakat*. Gue masih kok makan Indomie, terus snack yg banya micinnya cuman gak kaya dulu. Gue makan itu semua kalo kepengen doang. Dan karena gue selalu membiasakan baca tabel kalori kalo lagi beli makanan kemasan gitu, secara gak langsung gue akan mengkalkulasi kalori itu dengan kalori makanan yg udah gue makan hari itu. Jadi gue bisa memfilter apa yg gue makan. Ribet ya, tenang itu gampil kok :) Misal hari itu gue udah makan nasi plus lauk dan sayur, ya misal gue pengen makanan micin gitu gue liat tabel kalori, kalo berasa gede ya gue enggak beli. Jadi gue selalu dan selalu baca tabel kalori untuk makanan pun minuman kemasan.

Banyak minum air putih. BANYAK. BANYAK! 
Gue gak akan berhenti mengingatkan bahwa minum air putih yg anyak itu penting. Instead of ngerasa kembung, minum air putih buat gue bisa bikin kenyang. Jadi saat gue makan gue gak makan banyak. Aman. Sekarang gue biasain untuk minum air putih setengah liter dalam sekali minum. Even berat diawal, gue konsisten buat minum air putih. 2 liter dalam sehari itu minimal. Kalo dirasa eneg sama air putih, bisa dicoba itu yg lagi ngetrend, air rendeman buah atau yg dikenal air kobokan eh, bukan deng, Infused Water. Itu membantu banget, jadi tetep minum air putih yg banyak, terus dapet vitamin dari buah, serta seger juga kan ya~
 
Puasa juga sangat membantuuu~~~
Gue dulu tipe yg buka puasa pengen gorengan dan es es buah yg manisnya kaya senyum yayang Seo Joon. Setelah gue berusaha buat "merubah" badan gue, gue selama ramadhan bisa dihitung makan gorengan. es yg manis, makan nasi atau makanan dosa yg lain. 

Emang bisa?
Ya bisa, karena perut gue terbiasa makan sedikit, saat buka puasa gue selalu awali dengan minum air putih setelah itu makan buah apapun yg ada dalem kulkas. Sedikit aja itu udah berasa penuh tuh perut.

Kalo makan beratnya?
Gue sering gadoin lauk aja, karang banget pake nasi. Misal ibu gue masak tahu tempe plus sayuran, gue cuman makan itu doang gak ditambah nasi.

Gak laper ?
Ya namanya puasaa kan emang menahan lapar, duhh jentik kudanil~  Lagian gue juga gak punya aktivitas yg hyper jadi gue nggak makan nasi saat sahur pun enggak masalah, asal protein ada. Gue biasanya nambah telur kalo ibu cuman masak sayur biar badan gue gak kekurangan nutrisi.

Olahraga gak selama puasa?
Iyaa, cuman gak sampe banjir keringet. Cuman workout ringan biar tetep gerak aja. Squat, push up, plank itu aja cukup.

Hasilnya selama ini?
Lingkar badan gue sedikit mengecil, jadi gak segede dulu. Badan gue jadi ringan, dan gue jadi lebih seger dalam aktivitas gue. Untuk before-after ntar ajalah kalo udah bener2 pantes dipamerin.

Planning kedepan?
Gue bakalan tambah aktivitas buat olahraga, biar makin sehat. Kurus itu bonus, tapi bentuk badan bagus itu harus. Jadi kalo posting ke instagram pake sportbra perutnya gak malu-maluin~~~

See you on my next progress~~


Semarang, 1 July 2016.

Ichak,21 tahun, dimabuk kepayang sama Park Seo Joon.




Comments

Popular posts from this blog

MY TRANSFORMATION BODY

#REVIEW : KRIS INSTANT WHITE

Bermainlah, Rizky Notoraharjo!