Selamat Jalan "Miss Sisca"

"Selamat ulang tahun gemburrrrr!"

Kata itu adalah kata ucapan ulang tahun terakhirnya untukku.

Emaliya Fransisca, aku mengenalnya saat aku duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan di tahun pertama aku bersekolah di SMK N 8 Semarang.
Saat itu dia memperkenalkan diri sebagai guru bahasa Inggris di kelas ku.

"Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh"
"Waalaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh"

"Good morning student, let me introduce my self.........."

Aku pun mulai menyadari bahwa miss sisca adalah seorang guru yg sangat menyenangkan dan tahu bagaimana mengajak para muridnya belajar bahasa inggris dengan cara menyenangkan pula.


Semester pertama di tahun pertama aku bersekolah, aku sangat amat menunggu-nunggu pelajaran bahasa inggris. Aku sangant bersemangat mendengarkan setiap kata yg diucapkan oleh guru cantik ku ini. Namun saat semester kedua aku tahu bahwa dia tidak lagi mengajar untuk program keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), aku benar benar sangat kecewa. Guru yg membuatku semangat untuk menunggu pelajaran apa yg dia berikan tak lagi mengajar. Namun aku tak peduli, meski aku tak diajar olehnya, setidaknya aku masih bisa bertemu saat aku membutuhkan penjelasan lebih akan hal yg tak aku mengerti. Atau sekedar bersenda gurau dengannya. Dia adalah guru yg paling ramah yg pernah aku kenal dengan sangat baik.

Di tahun terakhir aku bersekolah, Aku sangat bahagia mendapat kabar bahwa miss sisca  adalah guru yg mengajarku untukkelas tambahan bahasa inggris sebelum menghadapi Ujian Nasional. Namun karna kita sangan amat dekat, aku tak merasa kita adalah seorang murid dan seorang guru. Aku merasa kita adalah teman. Teman yg sangat dekat.

Aku ingat saat miss sisca mengucapkan "selamat ulang tahun pak affan! wah makan makan dong". Walaupun Pak Affan tak berulang hari itu namun beliau menjawab, "wah, terimakasih. Ayo makan. Mau makan dimana? Ichak kamu tahu makanan enak dimana?"
"Aku tak tahu pak, mungkin miss sisca lebih tahu. hahahaha" tawa ku.
"Ayo pak, kita makan iga bakar di DP Mall. Disana ada tempat makan iga bakar yg enak. Ayo Bu Susi, kita makan makan di traktir pak Affan"

Begitulah Miss Sisca yg kukenal. Ceria dan berusaha membawa keceriaan untuk sekitarnya.

Aku ingat betapa dia sangat menyukai figure TWEETY. Burung kecil berwarna kuning di film kartun.

Aku ingat betapa dia sangat tidak suka TAHU BACEM. Karena menurutnya, makanan manis itu aneh di lidahnya.

Aku ingat betapa dia lebih suka makan di McDonald daripada di KFC karena menurutnya, ayam goreng di McDonald lebih enak.

Aku ingat betapa dia ingin Abby, anaknya untuk fasih berbahasa inggris. Sehingga dia selalu memutarkan film berbahasa inggris tanpa subtitle.

Aku ingat saat dia mendampingi aku dan tim ku untuk lomba debat bahasa inggris. Dan dia kecewa dengan hasil yg menurutnya sangat tidak adil karena pemenang debat ternyata mempunyai hubungan dengan juri dalam lomba tersebut. Namun di tak terlalu memikirkannya, dia mengajak kami makan di McDonald.

Sebelum aku menjalani ujian nasional, dia mengajar private untukku. Dia berharap bahwa apa yg dia ajarkan selama ini bisa membuatku mendapatkan nilai sempurna dalam ujian nasional bahasa inggris. Namun aku hanya mendapat nilai 9,20. Maafkan aku miss sisca.

Aku ingat betul betapa di sedihnya miss sisca saat dia tahu orang-orang lain mengenalnya dari sisi enak dalam hidupnya. Padahal dia mengalami kehidupan yg berat yg tak dibayangkan orang lain. Dia Menceritakan setiap detail hidupnya padaku. Namun dia tidak pernah menitikan air mata. Dia adalah seorang guru sekaligus ibu yg sangat kuat.

Aku ingat betapa saat dia menceritakan, susahnya menjalin hubungan dengan salah satu guru di SMK N 8 juga. Maka sebagai murid dan disisi lain sebagai teman miss sisca, aku harus mendukung nya untuk menutupi hubunya dari orang lain yg kepo. Backstreet katanya.

Aku ingat saat kita fitting baju untuk acara wisuda tahun angkatan ku. Kita memilih baju kebaya yg menurut kita akan menambah kecantikan saat esok kita pakai di acara wisuda tersebut. Keesokan harinya saat kita sudah berada di salon, seperti biasa kita bersenda gurau hingga perutku capek untuk tertawa. Tiba waktunya untuk berangkat ke gedung wisuda, kita memesan taksi untuk bisa tiba disana tepat waktu, namun taksi tak kunjung datang. Akhirnya aku menghubungi pacarku untuk menjemput ku dan ku minta pacarku membawa teman untuk menjemput miss sisca. Akhirnya kami di jemput, menggunakan motor. Tanpa memikirkan sanggul kita ataupun baju kita, kita segera bergegas menuju acara wisuda dan setibanya kita disana acara sudah dimulai. Kenangan yang tak pernah terlupakan.

Beberapa hari lalu aku mendengar kabar bahwa Miss Sisca sudah melahirkan. Bayinya selamat dan miss sisca masih dalam keadaan koma. Alat bantu pernafasan yg ada akan membantu miss sisca bernafas akan dilepas dalam waktu dua hari. Aku berpikir, ah miss sisca adalah seorang wanita yg kuat, dia pasti akan sehat kembali dan berkumpul dengan keluarga dan orang-orang yg mencintainya.

Namun takdir sudah berkehendak. Allah lebih mencintainya dari siapapun.
Innalillahi wainnaillaihiroji'un. SELAMAT JALAN MISS SISCA. EMALIYA FRANSISCA. Guru, teman, sahabat yg baik. Aku mempunya banyak kenangan denganya yg membuatku selalu mengingatnya. Do'a ku menyertaimu miss cantik. Selamat jalan miss, semoga kita bertemu di kehidupan yg lain. I LOVE YOU TO THE MOON AND BACK!. Sering datang di mimpiku ya Miss, kita bercerita lagi disana. Kita bercerita seperti dahulu kala.



Comments

Popular posts from this blog

MY TRANSFORMATION BODY

#REVIEW : KRIS INSTANT WHITE

#REVIEW : BODY WHITENING BALI ALUS